March 18, 2020

Ini Rahasia Template Blog SEO Friendly yang Sebenarnya

Ini Rahasia Template Blog SEO Friendly yang Sebenarnya
Ini Rahasia Template Blog SEO Friendly yang Sebenarnya. Karena sekarang dikasih tau, ya... sudah bukan rahasia lagi dong!

Apa sih yang membuat sebuah Template Blog itu disebut ramah mesin pencari alias SEO Friendly?

Sudah umum diketahui, template blog seo friendly memiliki ciri utama ringan atau cepat (fast loading) dan ramah seluler (mobile friendly) alias responsive.

Namun, satu ciri yang jarang diperhatikan adalah skema data terstruktur (structured data) yang ada dalam template tersebut.

Ini Rahasia Template Blog SEO Friendly yang Sebenarnya

Schema markup paling penting untuk SEO ada dua:

  1. BlogPosting (untuk blog umum) atau NewsArticle (untuk blog berita)
  2. Breadcrumbs.
Sekarang, silakan cek blog Anda di Structured Data Testing Tools. Jika sudah ada kedua skema tersebut, itu artinya blog Anda sudah seo friendly. Tinggal fokus ke konten berkualitas.

Nah, sudah tau kan sekarang  Rahasia Template Blog SEO Friendly yang Sebenarnya?

Ciri Umum Template Blog SEO Friendly

1. Responsif Semua Perangkat

Responsif artinya template yang anda gunakan bisa digunakan di mobile maupun destkop versi, karena apa ? Jika template yang anda gunakan hanya support disatu perangkat saja katakanlah hanya versi Desktop maka apakah anda yakin jika orang yang akan mengunjungi blog anda hanyalah orang yang menggunakan pc saja.

Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi membuat orang saat ini lebih mudah untuk mengakses internet khususnya versi mobile menggunakan smartphone, maka jika anda dihadapkan dengan dua pilihan, pilih Destkop atau Mobile ? Maka saya Rekomendasikan gunakan template yang support keduanya.

2. Kecepatan Loading (Fast Loading)

Salah satu dasar Seo yang harus dimiliki oleh theme blogger yang anda miliki adalah optimasi kecepatan blog anda, karena semakin cepat loading situs blog anda maka pengunjung pasti akan lebih nyaman dengan situs yang anda kelola saat itu.

Selain dari pada itu, kecepatan loading akan sangat mempengaruhi seberapa cepat situs blog anda dapat dirayapi oleh google bot dan akan sangat mempengaruhi SERP anda di google penelusuran.

3. User Friendly

Hal ketiga yang wajib anda perhitungkan adalah Bagaimana pengunjung akan puas dan tertarik dengan situs blog anda, caranya gimana ? Pastinya dengan menyediakan konten, font, widget, semua yang bermanfaat dan berkaitan dengan situs tersebut.

Salah satu hal yang menurut saya terpenting adalah tentang bagaimana suatu template bisa membuat pengunjung nyaman ketika membaca jika situs tersebut berhubungan dengan bacaan dan kunci menyesuaikannya adalah Font, template yang baik selalu menggunakan font yang mudah dibaca.

Jika situs tersebut berhubungan dengan jasa online, atau download, streamin dan sebagainya maka untuk mengoptimalkan pengalaman dari pada template tersebut anda bisa menambahkan beberapa widget atau fitus seperti tombol download dan sebagainya.

4. Friendly Navigasi

Masih berhubungan dengan kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan situs blog anda, Navigasi adalah salah satu kebutuhan dan keperluan bagi anda yang memiliki situs dengan tema atau niche tertentu atau beragam tentunya.Baca Juga: Cara Atasi Kolom Komentar Tidak Muncul di Blogger

Navigasi memiliki peranan penting dengan posisi, index (submit) artikel karena jika navigasi yang ditawarkan oleh blog anda acak adul bukan tidak mungkin jika artikel yang anda publikasikan tidak akan ditampilkan di penelusuran atau mungkin ditampilkan tapi ada diposisi yang tidak dapat dijangkau seseorang.

5. Kebergunaan Media Sosial
Tidak dapat dipungkiri kemajuan Iptek membuat para kaum adam dan hawa semakin booming dengan adanya media sosial bahkan bisa dikatakan media sosial adalah bagian hidup mereka kalau di istilahkan media sosial adalah kehidupan maya seseorang.

Jadi, jika anda memilih sebuah template gunakan template yang disana terdapat tombol share media sosial dan juga debugging (membuat link yang anda bagikan memuat gambar secara otomatis).*

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *